Alutsista Menkav 2 Marinir Apel Gelar Kesiapan Latgab TNI

(Surabaya). Wadan Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP., melaksanakan apel gelar personel dan material tempur, tergabung dalam rangka mempersiapkan Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tahun 2023 di Dermaga Madura, Koarmada II, Ujung Surabaya. Rabu (26/07/2023).

Tergelar unsur Kavaleri Korps Marinir diantaranya Alutsista Tank BMP 3F dan Tank PT 76 M sebagai bantuan tembakan, daya gempur dan manufer taktis. Untuk mendaratkan pasukan Infanteri mengoperasikan kendaraan tempur LVT 7 A1, BTR 50 PK dan BTR 50 PM.

Sedangkan untuk mendaratkan Meriam Howitzer 105 mm sebagai bantuan tembakan penyokong dari pantai pendaratan ke sasaran, menurunkan Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri KAPA K61.

Pada kesempatan ini, amanat Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) yang dibacakan Wadan Kormar menyampaikan, “Korps Marinir TNI Angkatan Laut dalam mengemban tugasnya dituntut memiliki kesiapan operasional dan kemampuan untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan dan hambatan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan warga negara Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut, Dankormar berharap dalam latihan yang akan dilaksanakan dapat memberikan dampak positif bagi Korps Marinir yaitu prajurit yang professional dan terlatih dalam melaksanakan operasi amfibi serta siap dalam melaksanakan berbagai penugasan dan operasi.

Sementara itu, Danmenkav 2 Marinir Kolonel Marinir Muhammad Rizal mengatakan, “Tingkatkan kemampuan profesionalisme unsur-unsur Kavaleri Korps marinir dalam pelaksanaan operasi pendaratan amfibi dan operasi oleh Satuan Tugas TNI AL,” tegasnya.

Related posts